Kuliner

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Diburu Wisatawan Nusantara dan Mancanegara

Makanan Khas Jawa Tengah Wisatawan Nusantara dan Mancanegara

Jawa tengah hanya tak bisa dinikmati dari pesona budaya dan keindahan alamnya saja, beragam kuliner nusantara juga turut menghiasi. Ragam makanan khas Jawa Tengah bisa menjadi pilihan yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. Tak salah bila banyak wisatawan nusantara hingga mancanegara berburu kuliner khas jawa tengah.

10 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Diburu

Nah dari 29 kabupaten dan 6 kota yang ada di Jawa Tengah, setidaknya ada 10 makanan khas Jawa Tengah yang tak boleh wisatawan lewatkan. Apa saja itu? berikut daftarnya:

1. Tempe Mendoan, Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Diburu dari Banyumas

Kita mulai dari kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata baturraden-nya, mana lagi kalau bukan kabupaten Banyumas. Kabupaten yang punya banyak sekali tempat wisata alam bahkan sampai-sampai disebut sebagai kota seribu curug ini, punya kuliner khas yang wajib anda coba bila berkunjung ke sana.

Tempe Mendoan adalah makanan khas banyumas yang terkenal seantero Jawa Tengah, bahkan Jawa dan Indonesia. Tempe mendoan pada dasarnya sama dengan tempe goreng lainya yang dibalut dengan tepung. Tetapi ada yang membuat tempe mendoan berbeda dengan tempe biasa, yaitu dibuat tipis dengan bungkus daun pisang. Satu tempe langsung sekali goreng, tak perlu diiris.

2. Mangut Beong khas Magelang

Jika anda berkunjung ke Candi Borobudur, tak salah rasanya bila mencoba mampir ke wisata kuliner di Magelang. Di sana ada banyak tempat yang menyediakan wisata kuliner, misalnya saja di Kartika Sari yang berada di Kota Magelang.

Nah soal makanan khas Magelang, sebenarnya ada banyak sekali. Yang paling terkenal adalah kupat tahu Magelangan, tapi yang paling banyak dicari wisatawan karena keberadaanya yang jarang bisa ditemukan adalah Mangut Beong. Sekilas tampilan mangut beong itu seperti ikan lele yang berkuah santan, tetapi sebenarnya bukan berasal dari ikan lele. Melainkan ikan yang berasal dari ikan beong (ikan khas dari sungai Progo).

3. Nasi Gandul khas Daerah Pati

Berikutnya ada nasi gandul, makanan khas yang berasal dari pati – kota kelahiran saya – yang tak terlalu terkenal dengan tempat wisatanya. Tetapi sebagai salah satu kota tua di Jawa Tengah, pati sering mendapat kunjungan wisatawan, terutama untuk wisata religi dan budaya.

Nasi gandul adalah nasi yang dicampur dengan kuah dan daging sapi. Kuahnya mirip seperti kuah soto yang dibuat agak kemerahan karena campuran kecap. Rasanya manis pedas dan disajikan di atas piring yang diberi daun pisang.

4. Brekecek (Cilacap)

Jenis makanan yang satu ini memiliki nama yang cukup aneh, dengan keanehan ini makanan yang satu ini menjadikan makanan ini terkenal. Makanan ini berasal dari Cilacap. Brekecek memiliki citarasa yang sangat lezat dan enak.

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk anda nikmati apabila berkunjung ke Kabupaten Cilacap. Brekecek merupakan makanan yang berasal dari ikan jahan atau ikan Pathak yang diberi bumbu khas.

5. Lumpia dari Semarang

Makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari ibu kota provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang. Lumpia ini paling enak di makan dalam keadaan hangat dengan penambahan saos ataupun cabai rawit.

Isian lumpia sangatlah bermacam-macam misalnya rebung, ayam, telur, sayuran dan udang. Anda dapat memilihnya sesuai kehendak anda. Nah untuk yang memiliki jarak cukup jauh dengan kota Semarang, anda dapat membeli dalam keadaan belum di goring agar dapat bertahan sampai rumah anda.

6. Tahu Petis Ciri Khas Semarang

Masih dari semarang, ada makanan yang terbuat dari tahu yang diisi dengan petis di dalamnya. Makanan khas Semarang ini sangatlah lezat untuk di santap. Tahu petis ini cocok untuk camilan sekaligus lauk yang sedap. Untuk isinya yaitu petis, terbuat dari bumbu hitam yang terbuat dari petis yang terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus samapi menjadi kental.

7. Jenang (Kudus)

Jenang kudus adalah makanan khas dari Jawa Tengah yang berrada di Kudus. Jenang ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan dodol Garut. Jenang ini cocok untuk oleh-oleh apabila anda berwisata ke Kudus. Makanan ini bisa di beli kiloan maupun kotakan. Makanan ini memiliki rasa manis sekaligus legit.

9. Getuk Goreng (Banyumas)

Makanan ini merupakan makanan khas Jawa Tengah yang bertempat di Sokaraja, Banyumas. Makanan yang satu ini menjadi unik karena yang biasanya getuk ini tidak di goreng tetapi getuk sokaraja ini di sajikan dengan di goreng. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik yaitu manis-manis gurih. Getuk goring ini memiliki bahan utama singkong yang di campur dengan gula jawa yang kemudian di goreng.

10. Rondo Royal (Jepara)

Makanan khas Jawa Tengah ini berasal dari Kabupaten Jepara. Makanan ini sangatlah popular di kalangan orang Jawa Tengah karena namanya yang unik. Selain itu juga makanan ini sangatlah enak rasanya. Berwisata ke Jepara anda wajib mencoba makan ini. Makanan ini sangat mudah di temukan, hampir semua warung di Jepara ada yang menjual Rondo Royal ini.

Leave a Comment